Kamis, 12 Februari 2015

IMMUNE BESERTA GANGGUANNYA....

Immune adalah antibody(imunoglobulin) (daya tahan tubuh).
Immune disini banyak memiliki fungsi,salah satunya menjaga tubuh agar tetap sehat.
ketika ada bakteri yang masuk kedalam tubuh maka immune pun langsung memberantas bakteri tsb atau benda asing tsb. sehingga tubuh tidak jadi sakit dan tetap sehat.
tetapi immune juga bisa menurun apabila fisik terasa lelah atau kondisi cuaca yang tidak menentu.
immune bisa tidak berperan sama sekali apabila immune dirusak oleh virus-virus tertentu, seperti seseorang yang (+) HIV AIDS (ODA(Orang Dan AIDS), Disini virus menyerang immune dan mematikan immune sehingga virus tetap hidup didalam tubuh manusia dan ODA tidak bisa disembuhkan, selain itu virus tsb menyerang CD4-T sehingga seseorang yang terinfeksi HIV AIDS CD4-Tnya menurun secara drastis.
sampai detik ini belum ditemukan obat HIV AIDS yang bisa menyembuhkan pasien secara tuntas.
ini masih impian saya untuk membuat obat HIV AIDS,tapi belum tahu bisa terwujud apa tidak !!!!! semoga bisa yaaa hihihihi.

ok, kita beranjak ke gangguan atau penyakit immune ya....
apa aja sih penyakit immune itu?
ada anafilaksis dan penyakit atopik atau alergi umum yang diperantai IgE.
Alergi atau hipersensitivitas terjadi apabila sebelumnya salah satu individu telah terkontaminasi dengan agen khusus yang memiliki suatu senyawa kimia, kemudian senyawa kimia tersebut menimbulkan reaksi negatif.
*Rinitis Alergika(peradangan pada selaput lendir hidung). mengapa bisa terjadi Rinitis Alergika? karena keadaan atopi yang paling sering dijumpai dan menyerang 20 persen anak-anak dan dewasa muda.
Gejala dari penyakit ini adalah: hidung tersumbat berat, mengeluarkan sekresi hidung secara berlebihan atau rinore serta bersin yang sering terjadi dan berulang-ulang kali.
biasanya test alergi dilakukan dengan cara intradermal atau intrakutan.

ASMA BRONKIAL:
Asma adalah dimana suatu keadaan klinik yang ditandai oleh terjadinya penyempitan bronkus yang berulang namun reversibel, dan diantara episode penyempitan bronkus tsb terdapat keadaan ventilasi yang lebih normal.
bronkitis kronik ditandai oleh hipersekresi bronkus secara terus menerus dan emfisima(hilangnya jaringan penunjang paru-paru yang menyebabkan penyempitan berat saluran pernafasan yang tejadi ketika mengeluarkan nafas).
biasanya seseorang yang mengalami asma disarankan menggunakan Spacer ketika asmanya kumat untuk mempermudah atau membantu melancarkan pernafasan.





*penyakit yang disebabkan oleh autoimmune:
1. Vaskulitis:
vaskulitis atau terjadinya inflamasi di pembuluh darah atau terjadinya peradangan dipembuluh darah, biasanya disebabkan karena terjadinya autoimmune
pembuluh darah bagian manapun bisa terserang vaskulitis,seperti: vena-vena, arteri besar,arteri kecil, atau jaringan kapiler.

*LUPUS:
lupus terjadi karena autoimmune,yang mana seharusnya immune melindungi tubuh dari masuknya benda asing tetapi justru immune itu sendiri menyerang tubuh pemiliknya ini yang dinamakan autoimmune.
gejala utamanya adalah serangan sel antibody dari dalam tubuh sendiri. lupus juga mempengaruhi ginjal dan hati. lupus termasuk penyakit yang berbahaya, lupus lebih banyak terjadi pada wanita dari pada pria sebab faktor hormonal.
lupus biasanya ditandai dengan adanya nyeri sendi.
stress berlebihan, dan pengaruh obat-obatan tertentu juga dapat merangsang terjadinya autoimmune.

Masih banyak lagi penyakit autoimmune,maaf ya gak bisa saya jelaskan satu-satu.
semoga postingan saya bermanfaat untuk kita semua.
mohon maaf jika masih terdapat banyak kesalahan.
terimakasih :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar